It's ALL about EPPHY

......On My Way To Become Good Wife And Great Mother.......

Go!

"I have lived through much and I now I think I have found what is needed for happiness. A quiet, secluded life in the country with possibility of being useful to people" -Tolstoy

Sunday, July 4, 2010

9 MATAHARI


Saya terpaku, sejenak setelah saya menamatkan 9 Matahari. Pipiku mulai basah oleh butiran-butiran bening. Memori saya terlempar pada kejadian 5 tahun yang lalu.

Ya Allah...
ini rangkaian kisah yang pernah saya lalui dulu...

9 Matahari
Sebuah novel karya Adenita yang bercerita tentang perjuangan seorang gadis bernama Matari untuk bisa terus melanjutkan kuliah di tengah kesulitan ekonomi. Semangatnya yang berdarah-darah untuk bisa menuntut ilmu di bangku kuliah membuatnya harus pontang-panting mencari nafkah demi kelangsungan hidup dan impiannya.
Sungguh novel yang indah, inspiratif dan sarat akan makna.

Beberapa kisah Matari adalah de javu kehidupan saya di penghujung tahun 2005. Ketika saya dihadapkan pada konflik yang sama. Semangat saya yang sempat menggebu-gebu untuk bisa bertahan di bangku kuliah akhirnya harus terpatahkan oleh keterbatasan biaya. Kala itu hancur remuk segala asaku. Hingga saya tak berani lagi untuk bermimpi. Cukup sudah, pikirku saat itu. Saya merasa seluruh perjuangan saya sia2. Hingga akhirnya waktu mampu mengobati lukaku dan aku bisa kembali berdiri dan bermimpi hingga saat ini.

Tapi Matari beruntung banget. Dia punga kegigihan dan semangat yang luar biasa hebat dalam mengatasi segala kendala dan menyikapi segala permasalahan. Hingga dia mampumeraih impian dan cita-citanya.

Berbahagialah kalian yang bisa kuliah tanpa harus pontang panting mencari biaya, jangan sia-siakan segala fasilitas yang ada teruslah belajar dan berkarya. Bagi Matari Matari lain di luar sana especially for my little sister tetap semangat dan terus berjuang, jangan pernah menyerah dan putus asa.

The things always happens that you really belive in, and the belief in a thing make it happen.....