It's ALL about EPPHY

......On My Way To Become Good Wife And Great Mother.......

Go!

"I have lived through much and I now I think I have found what is needed for happiness. A quiet, secluded life in the country with possibility of being useful to people" -Tolstoy

Friday, March 26, 2010

Pengalaman mencari kerja

Saat aQ sedang benar2 maerasa terpuruk ketika mencari kerja pada akhir tahun 2009 kemarin, aQ iseng curhat ke milis. Dan ternyata aQ banyak sekali mendapat dukungan dari saudara2Q di milis. Mereka ada yang hanya bersimpati, memberi dukungan, nagsih info lowongan kerja bahkan ada yang ngasih kerja. Aq sempet terharu, ternyata banyak yang perduli dengan aQ. Ini adalah kutipan dari curhatanQ beserta balasan email dari mereka. Ini bukan ajang untuk Epphy berkeluh kesah, aQ hanya ingin berbagi pengalaman aja.

"Sudah hampir 3 bulan aku mencari kerja di Jakarta. Dengan hanya bermodal ijazah Madrasah Aliyah, aku mencari kerja sebagai staf administrasi. Hampir tiap minggu aku mencari lowongan kerja di internet dan di koran. Panggilan interview-pun hampir tiap minggu kudatangi. Sempat beberapa kali nyasar, tapi aku tidak khawatir, karena aku sudah satu tahun lebih di Jakarta.
Hari-hari kulaui dengan semangat dan positif thinking. Besok pasti dapat panggilan kerja, pikirku. Rasa ragu sama sekali tidak kuijinkan hinggap di kepalaku.
Entah kenapa aku belum juga mendapatkan kerja. Tiap interview dan psikotes yang kujalani telah kupersiapkan dengan matang. Aku juga selalu intropeksi tiap selesai dan memperbaiki diri dari pengalaman sebelumnya. Aku juga sudah berdoa, sholat malam, puasa senin kamis. Tapi belum juga dapat kerjaan. Entah apa yang salah dengan diri saya.
Tapi, beberapa hari ini aku kalut, uang kontrakan bulan ini belum di bayar, sedang aku belum mendapat kerja. Aku bingung. Aku merasa capek berpositif thingking, semangatku mulai memudar.
Ya Allah....... .....
Haruskah aku mundur, pulang ke kampung halaman??? Tapi bagaimana dengan adikku, aku ingin membiayai sekolah adikku. Jika aku menyerah, adikku juga putus sekolah. Tapi jika aku bertahan, aku sudah tidak mampu bayar kontrakan. Untuk makan saja aku harus menjadi buruh cuci piring di RM Padang di salah satu kantin kantor PAM.

Aku tahu Allah sedang mengujiku... ..
Ujian adalah rangkaian kemulyaan yang di siapkan-Nya untuk kita...
Suatu hari nanti, aku pasti akan mendapat kerja dan adikku pasti bisa lulus sekolah. Amin."


##########################################################

Mbak,

Nama saya Shello, saya juga pernah mengalami hal yang sama waktu masih di Jakarta dulu..hampir 3 tahun saya sulit mendapatkan pekerjaan, sering saya menangis..Alhamdulillah orang tua selalu men-support saya...Alhamdulillah, saya akhirnya mendapatkan pekerjaan sebagai Resepsionis di salah satu perusahaan minyak...wah, rasanya saya gak percaya, yah itulah yang namanya Rejeki..Sekarangpun saya mencari pekerjaan, kebetulan saat ini, saya tinggal di negeri orang karena bersuamikan WNA, sudah 8 bulan, saya belum juga mendapatkan pekerjaan lagi..Alhamdulillah, saya mencoba terus berpikir positif, Allah, masih sayang sama saya, makanya saya diberi ujian ini..meskipun kadang menangis, kok susah sekali..tapi saya gak mau tenggelam dalam perasaan sedih...

Mbak,
mungkin mbak bisa coba kirim lamaran mbak ke tempat dulu saya kuliah, ada beberapa teman saya yang bekerja sebagai staf administrasi disana, mungkin bisa dicoba, siapa tahu rejeki mbak, Amin, Insya Allah :

dulu saya mendapatkan pekerjaan pertama saya sebaga respsionis, dari perusahaan ini..
diusahakan juga perbaiki surat lamaran dan CV mbak..coba usahakan untuk menulis lamaran dalam bahasa Inggris, mbak bisa cari contohnya di Internet..

Selamat berjuang ya mbak, mudah2an sukses, Insya Allah, Amin..saya doakan dari jauh.


##################################################################

Tetap Bersabar ya mbak,
Jadikan sabar dan shalat sebagai penolongmu.

###################################################################

ssalamualaikum nona Evi,

Hi, salam kenal,

saya Yulia. sesama pemilik niat membantu membiayai adik sekolah.

sungguh tergugah ana dg postingan anti yg full spirited en khusnudzon
insyA, emg tetap itu semangat optimis tersebut harus dipelihara utk tetap ada ya ukhti.
anti engga sendiri ngadepin itu semua kok.

dan kalo boleh ana kasih masukan,
ikhtiar itu bisa dari jalan mana saja asal itu halal bukan,
nah, kalau selama ini memakai metode/cara A utk mendapat penghasilan/pekerjaan, kenapa anti engga coba alternatif cara B, misal wira usaha kecil2an ato menjadi aktivis LSM, dsb yg membuat pikiran sibuk, tetep produktif mikir shg ga kepikiran utk putus asa ga dapet kerjaan.

Jgn mengulang cara2 yg sama jika tetap gagal, manatau krn 4WI menggariskan rezeki tsb dari jalan yg tak terduga-duga bukan? dan krn itulah, cara2 kreatif mari kita tumbuh kembangkan, lihat setiap kesempatan yg ada (tidak hanya hunting mencari lowongan)

Insya segera dapet pekerjaan ukhti, engga lama lagi.
amiin ya rabbal'alamiin

wassalamualaikum wr.wb.

Yulia
###############################################################

Assalamu'alaikum Yanti,

Semoga Allah senantiasa memberikan kesehatan dan rahmat-Nya kepadamu. Karena 2 kenikmatan tadi adalah sangat besar nilainya dalam pandangan Allah SWT. Saya turut simpati dan empati atas surat yg Yanti tulis. Ingin rasanya membantu agar engkau memperoleh pekerjaan namun apa daya saya belum dpt melakukannya. Kalau ada info loker mudah2 akan saya informasikan. Oh ya kapan kontrakanmu habis? sekarang tinggal dimana dan asalmu darimana?

Wassalam
Budi

########################################################

Mudah-mudahan Allah membukakan jalan terbaik.. amin ya rabb

##########################################################

Aslm ukhti

Allah tidak alpa dg segala jerih payah yg kita ikhtiarkan..Allah akan selalu ingat tiap rupiah yg kita keluarkan...dan Allah tidak ingkar dg janji yg telah dijanjikan kpd tiap hamba Nya yg ikhlas...sabar yah sahabat...Rencana Allah itu selalu indah dan tepat pada waktunya... Hiasi dg amalan sunnah, seperti sedekah dan berbuat kebaikan...

Dan Jadikan sabar dan shalat sebagai penolong...

#######################################################

Mbak Evi......
Rumus mencari kerjaan adalah
satu lamaran yang kita kirim adalah satu langkah Ikhtiar menuju tempat kerjaan.
jadi besabarlah Insya Allah Mba akan menuai hasil manis dari benih kesabaran yang telah ditebar
bahkan Allah lebih tahu apa yang terbaik untuk kita dari apa yang kita tahu....
tapi Hati-hati yach Bukan berarti dengan mendapat kerjaan semua persoaan telah selesai..
bisa jadi bekerja adalah Ujian Juga
Yang jelas sesatu yang lebih mendekatkan diri kita kepada Allah itulah AnugerahNya ( Rizky dari Nya)

Smoga Allah bukan Pintu Rizky untuk Mbak
Amin...

wasalaamualikum Wr Wb
Karyadi..

############################################################

***********************************************************
Alhamdulillah, sekarang saya sudah mendapat kerja.
Semoga postingan ini bisa memberi inspirasi bagi teman2 yang lagi nyari kerja.
Semangat!!!!!

No comments:

Post a Comment