It's ALL about EPPHY

......On My Way To Become Good Wife And Great Mother.......

Go!

"I have lived through much and I now I think I have found what is needed for happiness. A quiet, secluded life in the country with possibility of being useful to people" -Tolstoy

Jumat, 19 Agustus 2016

Prosedur pelaksanaan pernikahan adat Paciran by Epphy:

1. Menentukan hari 
Beberapa keluarga masih menganut kepercayaan Jawa dengan menghitung weton. Pihak suami aku sih udah gak ribet, tapi dari keluargaku sendiri masih percaya sama kejawen dan kemaren nyampe sempet beberapa kali harus ganti tanggal, haha

2. Mengurus berkas nikah
 -ke RT minta pengantar
 -ngumpulin fc kk, ktp, akte/ijazah dan foto 2x3 masing2 4 lembar
 -ke KUA buat daftar. (Kalo di kampungku biasanya yg ngurus pihak perempuan) ( punyaku diurusin pakde, yg kebetulan jadi mudin) (ktp bisa nyusul) 
 -kalo akad di rumah bayar 900rb, akad di KUA bayar 400rb. Padahal harusnya gratis yah ( Hari minggu KUA tutup, yaiyalahhh) urusan ke KUA harus beres sebelum 20 hari pernikahan, karena kalo telat katanya di denda.

3. Menghitung jumlah orang yang bakal diundang untuk order piring, berkat, kartu undangan, dan wedding card.

4. Cetak wedding card dan undangan.
 Make sure kalo undangan harus udah jadi minimal seminggu sebelum resepsi. Lha punyaku nyampe mepet bgt waktu itu, soalnya susah ngeresize dan nungguin desasin dari temennya adikku, tambah lagi karena mepet lebaran jadinya pengiriman padat banget. Untung waktu itu undangannya nyampe, padahal mase ama ortu udah marah2 aja. Uh....

5. Beli seserahan, baju baru untuk mempelai
 Aku sama mase belinya bareng waktu itu, pas bulan puasa, muter keliling dari Drajat nyampe Brondong, dari jam 10 pagi sampe jam 4 sore. Nyampe rumah langsung tepar.

6. Tes kesehatan
 Bayar 15rb per mempelai. Tes urin untuk tespack bayar 15rb lagi. Cuma di timbang berat badan, tinggi badan ama suntik TT doang.

7. Pesen kuadi dan make up (3jt), sound system (350rb), kursi, tarub.
Semua di lakuin pas sebulan sebelum acara. Abis itu udah beres, nyantai deh. Tinggal nunggu deket2 hari H.

H-7 ➡ beli berkat
H-5 ➡nyebar2 undangan.
H-2 ➡ bungkusin jajan kotak.
H-1 ➡Nelponin vendor, make sure everything is oke. 

Pas hari H, showtime, dik pajang seharian  
Jangan lupa jaga kesehatan, aku sakit pas resepsi, tapi untungnya masih kuat duduk seharian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar