It's ALL about EPPHY

......On My Way To Become Good Wife And Great Mother.......

Go!

"I have lived through much and I now I think I have found what is needed for happiness. A quiet, secluded life in the country with possibility of being useful to people" -Tolstoy

Monday, December 24, 2018

Catatan Memasak oleh Arista

Dari kecil aku emang bukan orang yang bisa ataupun suka memasak. Bagiku memasak itu bukan suatu hal yg harus dikuasain oleh seorang wanita. "Ah, nanti juga bisa beli, gak perlu repot-repot masak.' pikirku waktu itu.

Namun ternyata realita tak seindah ekspektasi. Bagi wanita dengan  lelaki yang mempunyai pendapatan menengah kebawah, memasak merupakan suatu kewajiban. Biar hemat, begitulah alasan klasiknya. Mau gak mau aku mulai belajar masak.

Awal perkenalanku dengan dunia memasak adalah melaui aplikasi hp, Cookpad. Kenapa gak belajar sama emak? Ah emakku bukan tipikal orang yg mudah ngajarin orang, sama persis kayak aku. Dan akupun terlalu bebal kalo harus ngapalin ucapan emak yg sometimes gak jelas, hihihi. Aku lebih nyaman pake Cookpad, belajar secara visual dan runut, itu aku banget. Dulu sering banget recook dan nulis ulang resep, tapi semakin kesini semakin males. Waktu awal2 belajar masak, aku jiblak resep persis seperti yg ditulis, gak pernah berani otak-atik resep, masih takut. Tapi entah kenapa kok ya rasanya selalu gak cocok sama lidah pak suami. Kalo aku sih makan apapun oke2 aja, soalnya emang nyasar diri kagak bisa masak. Makin lama aku makin stres mikirin dunia permasakan ini. Hampir 3 tahun masak, tetep aja merasa masakan-ku gak pernah enak. Gak pernah bisa nyenengin lidah pak suami.

Selama masa depresi itu, jadi males masak. Udah jarangggggg bgt buka Cookpad. Kalo masak apapun, ya pake resep seingatnya. Kalo ada yg kelupaan gak di masukin ya woles aja, toh rasanya sama aja yg penting masak, pikirku. Di masa2 ini jadi lebih suka pake bumbu jadi, meski tetep saja rasanya kurang nampol. Dan sampai saat ini jadi keterusan pake bumbu jadi. Praktis sih.

Finally saat memasuki usia pernikahan ke 3, pas lagi hamil besar anak kedua aku mulai terilhami buat nyoba2 resep. Karena waktu pas hamil muda kan sering beli masakan jadi, dari situ aku mulai belajar ngicip rasa. Kalo masak ini pake ini rasanya gini, kalo gak pake rasanya jadi gini. Trus mulai mengidentifikasi kesukaan dan yg tidak di suka mase. Yg di suka, apapun yg penting banyak bumbu dan seger. Yg gak di suka tahu (kecuali yg digoreng), kecap, kuah manis, terlalu pedas atau terlalu hambar, sambal goreng(kalo ini aku masih sering bikin hihihi), kentang. So far sih menghindari makanan yg ga disuka pak suami jadi senjata yg cukup ampuh. Selebihnya ya, harus berani2 banyakin bumbu dan berani ngicip makanan sebelum di hidangin (jadi selama ini akutuh males ngicip makanan).

Alhamdulillah, sekarang udah mulai bisa masak yg lumayan enak. Hati senang, suami pun riang. Hihihi. Kuncinya, masak pake hati, kenali selera suami, dan jangan takut ngicip rasa masakan yg udah kita buat. Insyaallah dengan tips-tips tersebut bisa membuat keluarga lebih bahagia.

No comments:

Post a Comment