It's ALL about EPPHY

......On My Way To Become Good Wife And Great Mother.......

Go!

"I have lived through much and I now I think I have found what is needed for happiness. A quiet, secluded life in the country with possibility of being useful to people" -Tolstoy

Friday, February 23, 2024

Membaca Trend Fashion di Masyarakat

Bagi aku pribadi yang agak sulit itu bikin sense of oh yang ini bagus nih, bakal tren, bakal laku banyak. Apa ya namanya, let's call it "sense of trending", Ini sih yang menurut aku PR banget.
Feeling kayak gini tuh harus terus menerus di asah. Beberapa orang memang ada yang gifted atau punya bakat alami, seperti owner nya warna warni. Tapi ada juga yang butuh latihan seperti owner nya Vanilla, jadi dia itu dulu katanya sering mondar mandir di mall ngeliatin baju yang lagi banyak di pake sama orang-orang, biar tau model yang lagi ngetrend saat itu.

Nah di bawah ini aku nge-list cara-cara yang bisa kita pake untuk mengasah sense ini :

1. by looking other online shop yang udah ngetop. Cari produk terlaris nya.
Kalo aku biasanya lihat di shopee lihat tokonya lalu filter terlaris. Nah di situ akan muncul produk yang terlaris dari toko tersebut. Kita juga bisa ngeliat di toko tersebut sebulan bisa laku berapa. Nah biasanya kalo sebulan bisa terjual lebih dari 500pcs berarti produk tersebut lagi ngetrend atau banyak di cari masyarakat.

2. Amati tren di masyarakat
Ini seperti cara yang pernah dilakukan sama owner nya Vanilla. Coba nongkrong di mall, atau di kampung atau cafe yang rame. Kita cek lagi banyak yang pake model bju yang bagaimana, nah itu bisa jadi salah satu rujukan kita untuk membaca Trend fashion yang lagi rame di masyarakat.

3. Lihat artis atau selebgram.
Yang ini paling gampang nih, tinggal kepoin artis atau selebgram di media sosial. Nah biasanya kalo banyak artis atau selebgram yang pake model baju tertentu, biasanya ini akan lebih cepat menular ke masyarakat dan segera menjadi trend.

Nah, kalo udah nemu produk yang berpotensi untuk booming kita bisa langsung eksekusi dan coba lempar ke pasaran.

Jadi kemampuan ini tuh emang butuh di asah secara terus menerus. Hingga bisa punya feeling bawaan, produk mana yang bisa laku dan bakal ngetren. Tidak ada yang instan, semua butuh trial dan eror. Inilah seninya berbisnis.

Dulu aku pernah punya pengalaman jualan produk karena ngerasa kayaknya ini bakal laku nih, eh ternyata enggak laku. Pernah juga punya produk tapi aku ngerasa, ini kayaknya gk laku deh. Eh ternyata malah laku banget. Jadi sekedar feeling aja itu belum cukup, tetap butuh riset, kecuali emang yang punya bakat alami ya.

Terlepas dari luck atau hoki, ini tuh emang salah satu kemampuan yang butuh di asah buat entrepreneur yang ingin maju. Biar produk-produk kita bisa diterima dan disukai oleh masyarakat. 

No comments:

Post a Comment