It's ALL about EPPHY

......On My Way To Become Good Wife And Great Mother.......

Go!

"I have lived through much and I now I think I have found what is needed for happiness. A quiet, secluded life in the country with possibility of being useful to people" -Tolstoy

Friday, November 15, 2013

Nilam Suri : A Beautiful Mom, and Lovely Writer

Berikut adalah hasil interview saya dengan penulis novel Camar Biru, Nilam Suri. Novel Camar Biru ini merupakan novel perdananya. Sebelumnya Nilam pernah menulis sebuah buku kumpulan cerpen berjudul Penggambar Mimpi bersama 3 penulis lainnya.

Halo kak Nilam, perkenalkan diri kak Nilam dong!
Namaku Nilam Suri, aku sekarang kerja di managing editor di sebuah media lifestyle online. Pendidikan terakhirku ngambil master di jurusan Cultural Studies di Universitas Indonesia. A wife and a mother. Penggemar novel romance, the lighter the better.

Sejak kecil emang pengen jadi penulis ya kak?
Kalau dibilang pengen sih pengen, cuma waktu kecil mah belum kepikiran buat bercita-cita jadi penulis. Cuma aku dari kecil emang sudah suka banget baca. Dulu aja kalau gak dibacain cerita sama mama, aku gak mau makan, hehehe. Nah karena saking banyaknya baca, ya lama-lama jadi pengen nulis. Mulai nulis sih dari SMA. Mulai nulis dan ngeh kalau aku mungkin bisa nulis itu baru pas kuliah, gara-gara dosenku. Pak Ismail Marahiminyang namanya ada di halaman depan novelku itu loh. 

Apa yang dilakukan dosen kak nilam?
Well, dia kan ngajar jurusan penulisan populer, nah tiap minggu kita disuruh bikin cerpen. Suatu kali abis balikin tulisanku dia bilang kalau aku punya imajinasi yang gila dan bahwa aku berbakat. Dan aku bisa jadi penulis. Waktu itu aku disuruh bikin cerpen tentang mimpi.

Ide awal penulisan novel Camae Biru dari mana kak?
Hmmm ide awalnya, Camar Biru itu asalnya cerpen yang aku tulis kira-kira setahun sebelum aku mulai bikin itu jadi novel. Cerpennya judulnya rumah pohon, yang ada di bab 2 novelnya itu loh, yang flashback Nina Adith kecil. Terus waktu itu aku lagi iseng-iseng lagi buka laptop, trus baca-baca lagi, trus kepikiran buat itu jadi novel. Jadinya ceritanya aku tambahin deh, bukan cerpennya yang di stretch. Aku dari dulu emang selalu suka sama ide mencintai "diam-diam" dan selalu suka sama tokoh cowok yang always be there, yet doing nothing kecuali ngejagain cewek yang dia sayang. Ya kayak Adith itulah. dan aku juga gak suka cerita banyak drama ala tokoh antagonis kayak sinetron. 

Proses pembuatan Camar Biru hingga akhirnya terbit gimana kak? Kendala terbesarnya apa kak?
Hmm gak lama sih kayaknya.Nulisnya cuma 1-2 bulan. Kendalanya apa ya? Mungkin ngebangun chemistry antar kedua tokoh biar terkesan natural kali ya, sama ngejaga mood novelnya. Nah proses sampai akhirnya terbit itu yang lama. Aku sempet keukeuh2han dulu sama abang Christian Simamora, soalnya dia minta beberapa konflik dan tokohnya dibuang. Tapi dia fair sih. Dia bilang kalau aku bisa nemu first reader yang bisa mendukung pendapatku, aku boleh terus sama ceritaku tanpa dirubah. Akhirnya aku dapat, cuma ya jadi makan waktu lama.

Bagaimana rasanya setelah Camar Biru terbit dan bisa menjadi penulis beneran?
Ahahahak. Okeey. Rasanya deg-degaaan, dan seneng banget. Pas Camar Biru baru terbit aku narik-narik suami dan sahabatku  yang waktu itu ke rumah buat ke Gramedia. Itu juga aku taunya dari pacar temenku yang tau-tau ngetwit kalau dia udah punya bukunya. Hari itu rasanya seneeeeng banget, tapi terus besoknya langsung deg-degan, takut gak ada yang suka :)) *novelnya bagus kok kak *

Karakter yang paling disuka di Camar Biru? Alasannya?
Hmmm, aku suka sama Sinar sebenernya. He's a tortured soul.

Pernah ngalamin sahabat jadi cinta kayak Adith dan Nina gak kak?
Ahahahak, enggak. Karena walaupun aku suka sama cerita kayak gitu, kalau aslinya aku malah sebel kalau ada sahabat cowok yang tau-tau suka :p

Ada banyak cuplikan lagu di Camar Biru. Kak Nilam sukan dengerin musik? Band atau penyanyi favoritnya siapa kak?
Hmm, iya suka. Aku suka banget sama Belle and Sebastian, Kings of Convinience. Pokoknya band-band santai gitulah. Lagu favorit aku di buku itu sebenernya lagu The Doors yang adegan Adith pas nangis di tangga.

Ohya kak Nilam bagi waktu antara nulis, kerja dab keluarga gimana kak? Susah gak?
Hmmm susah gak susah sih. Soalnya aku orangnya moody banget. Tapi untungnya suami aku supportive banget ya, jadi kaloa aku pas ada mood nulis, dia yang bakalan ngurusin anakku dll, gak bakalan ganggu deh. Paling ribetnya sama kerjaan. Soalnya biasanya aku mood nulis itu sore-senja gitu, jadi emang pas masih jam kerja.

Untuk menulis sendiri, kak Nilam ada keinginan buat menjadikannya profesi? Atau sekedar hobi saja?
Suatu hari nanti tentunya aku pengennya jadi full time writer. Tapi kayaknya sekarang belum bisa. Jadi baru bisa disambi-sambi saja.

Next project apa nih kak? Novel baru?
Insyaallaaaaah, amin doain yaaa. Susah banger nih mendisiplinkan diri buat nyelesaiin novel selanjutnya. Padahal udah ditagih-tagih :)) *Amin... Semoga lekas selesai.*

Last question, tips bangun mood menulis dari kak Nilam?
Wah, ini nih pertanyaan sulitnya :)) Mungkin harus nyari suasana yang tepat kali ya. Kayak cari tau kamu paling bisa nulis di situasi kayak apa biar bisa menciptakan situasi kayak gitu setiap kalau mau nulis. Kayak aku, aku paling bisa nulis di coffee shop, atau kalau deket-deket air. kayak danau atau pantai gitu. Makanya sebenernya Starbucks perpus UI adalah tempat yang ideal buat aku nulis. Terus pastiin juga selalu bawa catetan kemanapun yang berisi ide-ide kita. Biar kalau tiba-tiba pengen nulis tinggal buka aja buku catetannya. 

Thank you so much kak Nilam, sukses buat novel Camar Biru dan semoga novel terbarunya segera rampung. Buat yang ingin say hello ke kak Nilam, colek dia di @Justutterly

NB : Foto diambil dari Blogbukuindonesia (terima kasih atas foto kak Nilam-nya)

No comments:

Post a Comment