It's ALL about EPPHY

......On My Way To Become Good Wife And Great Mother.......

Go!

"I have lived through much and I now I think I have found what is needed for happiness. A quiet, secluded life in the country with possibility of being useful to people" -Tolstoy

Saturday, November 30, 2013

The Encounter with Bandega


Setelah berulang kali di "gampar" kak Bunga Mega melalui nasehat2 beliau kini gue "digampar" oleh salah satu volunteer Taman Baca Pelangi, his name is Bandega. Dia yang mewakili Taman Baca pelangi untuk mengambil buku donasi dari One Million Books di rumah gue.

Bandega, usianya baru sekitar 22 tahunan, ia belum lulus kuliah, dia punya perusahaan EO yg pegang proyek ratusan juga, dia jg volunteer di beberapa social project. How great this man. Oh God, coba bocah segitu di Lamongan, yah keluyuran di tepi jalan, ngopi, nongkrong, dan do nothing kecuali ngabisin cadangan oksigen di muka bumi.

Setelah gue bercerita panjang lebar mengenai Young On Top, dan berbagai macam kegiatan gue, tiba-tiba dia bertanya "Setelah lo udah satu tahun di Young On Top, trus lo mau ngapain?"

Jleb.... Ini pertanyaan yang selama ini gue hindari. Gue gak tau pasti apa yang pengen gue lakuin. Yang kebayang di otak cuma tahun 2015, lulus kuliah, pulang kampung, nikah, ngurus anak, that's all. Nothing spesial. Gue tau, ngapain gue kuliah, ngapain gue capek-capek upgrade diri di Young on Top kalo ujung-ujungnya bakal gak punya kontribusi apapun. Gue bingung. Sebenernya banyak banget yang pengen gue lakuin, banyak banget yang pengen gue raih, tapi gue blind, gue takut, gue gak berani memulai first step gue. Gue payah.....

Gue terdiam lama, tapi akhirnya gue ngaku juga "Gue gak tau gue mau ngapain."

Bandega mungkin agak syok mendengar jawaban gue. Mungkin dipikiran dia, nih cewek goblok banget. Udah umur 26 dan udah lumayan banyak ngicip pengalaman hidup tapi gak tau mau kemana.

"Sebenernya sih gue pengen pulang kampung, nikah, hidup di kampung, ngurus anak dan pengen bangun taman baca"

"Trus taman baca mau di apain?"

"Mau ditambah kegiatan ngajar les atau kegiatan lain biar banyak anak yang datang kesitu, aku suka ngajar"

"Lo harusnya gak usah mudik, keep strungling aja di Jakarta"

"Tapi gue anak pertama, adik-adik gue udah pada di luar kota. Gue mau balik kampung buat nemenin orang tua gue"

"Harusnya anak pertama bisa lebih sukses dong"

"Iya sih, tapi gue udah lima tahun lebih di Jakarta dan belum bisa ngasilin apa-apa. "

"lo kan di Young on Top nih, lo deketin aja Billy Boen sebagai foundernya, kayak gue di Taman Baca Pelangi gue deketin kak Nila Tanzil. Nah, kalo dia udah tau lo, dan udah tau kemampuan lo, lo bisa nanyain kerjaan yang lebih baik ke dia, dia kan networking-nya banyak tuh"  *yang ini gue pernah juga dinasehatin ama kak Mega*

"Gelar itu gak aja gunanya sebenernya. Yang penting networking dan kemampuan. Lo bisa apa, lo mau jualan apa? Itu yg penting. Gue aja ntar kalo lulus dan udah punya ijazah, ijazah gue gak bakal gue gunain. Hampir seluruh CEO hebat di dunia bisa berhasil karena marketing atau jualan. Bill Gates, Steve Jobs semua karena jualan. Gelar gk penting. Contoh yg di Indonesia, Bob Sadino, Andri Wongso, mereka bisa sukses karena kemampuan dan kemauan bukan cuma ijazah."

"Sebenernya gue kuliah lagi karena pengen balas dendam, dulu gue sakit ati banget pas harus DO kuliah di Surabaya, dan sekarang gue pengen bisa kuliah sampai lulus. Itu aja sih" *itu pikiran gue dulu, tapi ternyata setelah terjun ke dunia kampus, dan gue bisa masuk Young On Top, trus bisa memperoleh banyak banget kesempatan dan pengalaman berharga juga bisa kenal ama teman2 YOTCA yang luar biasa hebat, gue jadi bersyukur, dan gue niatin kuliah buat upgrade diri dan pola pikir gue, no more about ijazah"

Bandiga juga sempat cerita sedikit tentang perjalanan hidup Steve Jobs, tentang Taman Baca Pelangi, dan betapa baiknya kak Nila Tanzil. Satu setengah jam yang worth it di tengah macetnya Jakarta. Bandega pantes jadi seorang motivator. He is so spirited and on the right track.

Thank you Bandega atas insight-nya, dan tumpangannya ke Cyber 2. Gut lak buat EO-nya dan Taman baca pelangi.

No comments:

Post a Comment